RPP KIMIA KELAS 10 IPA/SMT 1/STRUKTUR ATOM -TABEL SPU

17.07



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    :  SMA
Kelas/Semester         :  X/1
Mata Pelajaran          :  KIMIA- peminatan
Topik                        : Struktur atom dan tabel periodik
Waktu                      :  24 × 45 menit

        A.Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

          B.  Kompetensi Dasar
1.1    Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan      pengetahuan tentang stuktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
         2.1    Menunjukkan sikap rasa ingin tahu,disiplin,jujur,objektif,terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,teliti,bertanggung jawab, kritis, kreatif,inovatif, demokratis dan komunikatif dalam merancang danmelakukan percobaan serta diskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2    Menunjukkan perilaku kerjasama, santun toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam             memanfaatkan sumber daya alam
         2.3    Menunjukkan prilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.2    Menganalisis perkembangan model atom.
3.3    Menganalisa struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
3.4    Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat – sifat periodik unsur.
4.2    Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
4.3    Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
4.4    Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat – sifat periodik unsur.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi 
 1. Menunjukkan rasa syukur akan keteraturan stuktur partikel materi.
  2. Menunjukkan perilaku tanggungjawab, jujur, kreatif, inovatif dan komunikatif terhadap peran kimia dalam         kehidupan .
  3. Menunjukkan perilaku kerjasama,santun dan toleran dalam kegiatan kelompok.
  4.  Menunjukkan perilaku aktif dan bijaksana dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan.
  5. Menjelaskan perkembangan teori (model) atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.
  6. Menentukan partikel dasar penyusun atom
  7. Struktur atom berdasarkan teori atom Bhor dan mekanika kuantum
  8. Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
  9. Mengklsifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
 10. Menentukan konfigurasi elektron  berdasarkan mekanika kuantum
  11. menentukan diagram orbital ( bentuk orbital)
  12. Menentukan bilangan kuantum
  13. Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur (golongan dan periode) dalam sistem  periodik.
  14. Menentukan affinitas elektron,keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi dan keelektronegatifan.
  

D.      Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Peran kimia dalam pembelajaran ini diharapkan siswa terlibat aktif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
       1. Menunjukkan rasa syukur akan keteraturan stuktur partikel materi.
  2. Menunjukkan perilaku tanggungjawab, jujur, kreatif, inovatif dan komunikatif terhadap peran kimia dalam         kehidupan .
  3. Menunjukkan perilaku kerjasama,santun dan toleran dalam kegiatan kelompok.
  4.  Menunjukkan perilaku aktif dan bijaksana dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan.
  5. Menjelaskan perkembangan teori atom untukmenunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.
  6. Menentukan partikel dasar atom (proton,neutron dan elektron)
  7. Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
        8 Mengklsifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
  9.Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi berdasarkan mekanika kuantum
10. menentukan diagram orbital ( bentuk orbital)
     11. Menentukan bilangan kuantum
      12. Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur (golongan dan periode) dalam sistem  periodik.
13. Menentukan affinitas elektron,keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi dan keelektronegatifan.
     14. Mengklsifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.


 E.  Materi Kimia 
1.      Perkembangan model atom
2.      Struktur atom Bohr  dan mekanika kuantum
3.      Nomor atom dan nomor massa
4.      Isotop, isobar, isoton
5.     Konfigurasi elektron dan diagram orbital berdasarkan mekanika kuantum
6.      Bilangan kuantum dan bentuk orbital
7.      Golongan dan periode
8.      Sifat keperiodikan unsur


F.      Pendekatan / Model/ Metode Pembelajaran
Pendekatan       :  saintifik (scientifik)
Model                 :  pembelajaran kooperatif (cooperative learning)
Metode              :  diskusi kelompok, penugasan, tanya jawab

You Might Also Like

0 komentar

Statistik blog