RPP KIMIA KELAS 10 IPA/SMT 1/STRUKTUR ATOM -TABEL SPU
17.07
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran :
KIMIA-
peminatan
Topik : Struktur atom dan tabel
periodik
Waktu : 24 × 45 menit
A.Kompetensi Inti SMA kelas X:
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang stuktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1 Menunjukkan
sikap rasa ingin tahu,disiplin,jujur,objektif,terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet,teliti,bertanggung jawab, kritis, kreatif,inovatif, demokratis
dan komunikatif dalam merancang danmelakukan percobaan serta diskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam
2.3 Menunjukkan prilaku responsif dan
proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
3.2
Menganalisis perkembangan model atom.
3.3 Menganalisa struktur atom berdasarkan teori
atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
3.4 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron
dan diagram orital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat
– sifat periodik unsur.
4.2 Mengolah dan menganalisis perkembangan model
atom.
4.3 Mengolah dan menganalisis struktur atom
berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
4.4 Menyajikan hasil analisis hubungan
konfigurasi dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel
periodik dan sifat – sifat periodik unsur.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1. Menunjukkan rasa syukur akan keteraturan
stuktur partikel materi.
2. Menunjukkan perilaku tanggungjawab, jujur,
kreatif, inovatif dan komunikatif terhadap peran kimia dalam kehidupan
.
3. Menunjukkan perilaku kerjasama,santun dan
toleran dalam kegiatan kelompok.
4.
Menunjukkan perilaku aktif dan bijaksana dalam memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
5. Menjelaskan perkembangan teori (model) atom
untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan
fakta eksperimen.
6. Menentukan partikel dasar penyusun atom
7. Struktur atom berdasarkan teori atom Bhor
dan mekanika kuantum
8. Menentukan massa atom relatif berdasarkan
tabel periodik
9. Mengklsifikasikan unsur ke dalam isotop,
isobar dan isoton.
10. Menentukan konfigurasi elektron berdasarkan mekanika kuantum
11. menentukan diagram orbital ( bentuk
orbital)
12. Menentukan bilangan kuantum
13. Menentukan hubungan konfigurasi elektron
dengan letak unsur (golongan dan periode) dalam sistem periodik.
14. Menentukan affinitas elektron,keteraturan
jari-jari atom, energi ionisasi dan keelektronegatifan.
D.
Tujuan Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Peran kimia dalam
pembelajaran ini diharapkan siswa terlibat aktif dan inovatif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.
Menunjukkan rasa syukur akan keteraturan stuktur partikel materi.
2. Menunjukkan perilaku tanggungjawab, jujur,
kreatif, inovatif dan komunikatif terhadap peran kimia dalam kehidupan .
3. Menunjukkan perilaku kerjasama,santun dan
toleran dalam kegiatan kelompok.
4.
Menunjukkan perilaku aktif dan bijaksana dalam memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
5. Menjelaskan perkembangan teori atom
untukmenunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan
fakta eksperimen.
6. Menentukan partikel dasar atom
(proton,neutron dan elektron)
7. Menentukan massa atom relatif berdasarkan
tabel periodik
8 Mengklsifikasikan unsur ke dalam isotop,
isobar dan isoton.
9.Menentukan konfigurasi elektron dan
elektron valensi berdasarkan mekanika kuantum
10.
menentukan diagram orbital ( bentuk orbital)
11.
Menentukan bilangan kuantum
12.
Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur (golongan dan
periode) dalam sistem periodik.
13.
Menentukan affinitas elektron,keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi dan
keelektronegatifan.
14.
Mengklsifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
E. Materi
Kimia
1. Perkembangan model atom
2. Struktur atom Bohr dan
mekanika kuantum
3. Nomor
atom dan nomor massa
4. Isotop, isobar, isoton
5. Konfigurasi elektron dan diagram orbital
berdasarkan mekanika kuantum
6. Bilangan kuantum dan bentuk orbital
7. Golongan dan periode
8. Sifat keperiodikan unsur
F.
Pendekatan / Model/
Metode Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik (scientifik)
Model
: pembelajaran kooperatif
(cooperative learning)
Metode :
diskusi kelompok, penugasan, tanya jawab
0 komentar