RPP KIMIA KELAS 10 IPA / SMT 1/HAKIKAT PERAN KIMIA

17.05



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA

Satuan Pendidikan    :  SMA XAVERIUS 1 JAMBI
Kelas/Semester         :  X / 1
                                  Mata Pelajaran          :  KIMIA- peminatan
                                         Materi Pokok            :  Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan dalam Metode
                                                                           Ilmiah
Alokasi waktu            :  6 x 45 menit

A.       Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah    keilmuan.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1   Menyadari  adanya keteraturan ilmu kimia sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
Menghayati kebesaran Tuhan atas ciptaanNYA terhadap adanya ilmu kimia yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Mengamalkan ajaran agama masing-masing atas dasar penghayatan terhadap kebesaran Tuhan dalam ciptaanNYA (khususnya adanya ilmu kimia).
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka, mampu       membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis,
      komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
      sehari-hari. 
      Indikator:
      Bersemangat mempelajari ilmu kimia dan perannya dalam kehidupan.
      Serius mempelajari ilmu kimia dan perannya dalam kehidupan.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
      memanfaatkan sumber daya alam.
      Indikator:

2.3 Menunjukkan perilaku responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan 
      masalah dan membuat keputusan.
      Indikator:

3.1 Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia
      dalam kehidupan.
      Indikator:
1.        Memahami hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2.        Memberikan contoh hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari
3.        Memahami metode ilmiah
4.        Menuliskan langkah metode ilmiah
5.        Merancang metode ilmiah tentang ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
6.        Memahami alat-alat laboratorium dan keselamatan kerja di laboratorium

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam
      mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.
1.      Menuliskan metode ilmiah dengan topik peran kimia dalam kehidupan.
2.      Membuat sebuah proposal karya tulis ilmiah yang memuat metode ilmiah tentang topik peran kimia dalam kehidupan.
3.      Mempresentasikan proposal karya tulis ilmiah yang memuat tentang topik peran kimia dalam kehidupan.
           
C.     Tujuan Pembelajaran (content: ABCD=audience, behaviour, condition, degree)
1.      Siswa dapat memahami adanya hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif, dengan baik.
2.      Siswa dapat mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  sumberdaya alam hayati, tambang, minyak bumi, tumbuhan sebagai contoh-contoh bahan kimia di sekitar kita sebagai anugrah Tuhan YME dan  dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
3.      Siswa dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif dalam menganalisis hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
4.      Siswa dapat menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dalam menganalisis hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
5.      Siswa dapat menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan pada memahami hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

D.     Materi Pembelajaran
·        Fakta
o   Senyawa di sekitar kita (sumber daya alam terbesar dunia: kayu manis di Kerinci dimanfaatkan)
·        Konsep
o   Memahami sifat kimia setiap bahan di sekitar kita
·        Prinsip
o   Hakikat ilmu kimia

E.     Pendekatan / Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan     :   saintifik
Model              :  problem based learning (PBL)
Metode            :  diskusi kelompok, penugasan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA

Satuan Pendidikan    :  SMA XAVERIUS 1 JAMBI
Kelas/Semester         :  X / 1
                                  Mata Pelajaran          :  KIMIA- peminatan
                                         Materi Pokok                        :  Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan dalam Metode
                                                                           Ilmiah
Alokasi waktu            :  6 x 45 menit

A.       Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah    keilmuan.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1   Menyadari  adanya keteraturan ilmu kimia sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
Menghayati kebesaran Tuhan atas ciptaanNYA terhadap adanya ilmu kimia yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Mengamalkan ajaran agama masing-masing atas dasar penghayatan terhadap kebesaran Tuhan dalam ciptaanNYA (khususnya adanya ilmu kimia).
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka, mampu       membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis,
      komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
      sehari-hari. 
      Indikator:
      Bersemangat mempelajari ilmu kimia dan perannya dalam kehidupan.
      Serius mempelajari ilmu kimia dan perannya dalam kehidupan.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
      memanfaatkan sumber daya alam.
      Indikator:

2.3 Menunjukkan perilaku responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan 
      masalah dan membuat keputusan.
      Indikator:

3.1 Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia
      dalam kehidupan.
      Indikator:
1.        Memahami hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2.        Memberikan contoh hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari
3.        Memahami metode ilmiah
4.        Menuliskan langkah metode ilmiah
5.        Merancang metode ilmiah tentang ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
6.        Memahami alat-alat laboratorium dan keselamatan kerja di laboratorium

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam
      mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.
1.      Menuliskan metode ilmiah dengan topik peran kimia dalam kehidupan.
2.      Membuat sebuah proposal karya tulis ilmiah yang memuat metode ilmiah tentang topik peran kimia dalam kehidupan.
3.      Mempresentasikan proposal karya tulis ilmiah yang memuat tentang topik peran kimia dalam kehidupan.
           
C.     Tujuan Pembelajaran (content: ABCD=audience, behaviour, condition, degree)
1.      Siswa dapat memahami adanya hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif, dengan baik.
2.      Siswa dapat mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  sumberdaya alam hayati, tambang, minyak bumi, tumbuhan sebagai contoh-contoh bahan kimia di sekitar kita sebagai anugrah Tuhan YME dan  dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
3.      Siswa dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif dalam menganalisis hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
4.      Siswa dapat menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dalam menganalisis hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
5.      Siswa dapat menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan pada memahami hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

D.     Materi Pembelajaran
·        Fakta
o   Senyawa di sekitar kita (sumber daya alam terbesar dunia: kayu manis di Kerinci dimanfaatkan)
·        Konsep
o   Memahami sifat kimia setiap bahan di sekitar kita
·        Prinsip
o   Hakikat ilmu kimia

E.     Pendekatan / Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan     :   saintifik
Model              :  problem based learning (PBL)
Metode            :  diskusi kelompok, penugasan

You Might Also Like

0 komentar

Statistik blog