RPP KIMIA KELAS 10 IPA / SMT 1/HAKIKAT PERAN KIMIA
17.05
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Satuan
Pendidikan : SMA XAVERIUS 1 JAMBI
Kelas/Semester :
X / 1
Mata Pelajaran : KIMIA-
peminatan
Materi Pokok : Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan dalam Metode
Ilmiah
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari adanya
keteraturan ilmu kimia sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
Menghayati kebesaran Tuhan atas ciptaanNYA terhadap adanya ilmu kimia yang
bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Mengamalkan ajaran agama masing-masing atas dasar penghayatan terhadap
kebesaran Tuhan dalam ciptaanNYA (khususnya adanya ilmu kimia).
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti,
bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
sehari-hari.
Indikator:
Bersemangat mempelajari ilmu
kimia dan perannya dalam kehidupan.
Serius mempelajari ilmu kimia
dan perannya dalam kehidupan.
2.2 Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
Indikator:
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
Indikator:
3.1 Memahami
hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta
peran kimia
dalam kehidupan.
Indikator:
1.
Memahami hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Memberikan contoh hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan
sehari-hari
3.
Memahami metode ilmiah
4.
Menuliskan langkah metode ilmiah
5.
Merancang metode ilmiah tentang ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
6.
Memahami alat-alat laboratorium dan keselamatan kerja di
laboratorium
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan
kerja dalam
mempelajari kimia serta peran kimia dalam
kehidupan.
1. Menuliskan
metode ilmiah dengan topik peran kimia dalam kehidupan.
2. Membuat sebuah
proposal karya tulis ilmiah yang memuat metode ilmiah tentang topik peran kimia
dalam kehidupan.
3. Mempresentasikan
proposal karya tulis ilmiah yang memuat tentang topik peran kimia dalam
kehidupan.
C. Tujuan Pembelajaran (content: ABCD=audience,
behaviour, condition, degree)
1.
Siswa dapat memahami adanya hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai
hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif, dengan baik.
2.
Siswa dapat mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa sumberdaya alam hayati, tambang, minyak bumi,
tumbuhan sebagai contoh-contoh bahan kimia di sekitar kita sebagai anugrah
Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk
kemakmuran rakyat Indonesia.
3. Siswa dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, disiplin, jujur,
objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif dalam menganalisis hakikat ilmu kimia dan peran
kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan
baik.
4. Siswa dapat menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dalam menganalisis hakikat ilmu kimia
dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan
baik.
5. Siswa dapat menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan pada memahami hakikat ilmu kimia dan
peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan
baik.
D. Materi Pembelajaran
·
Fakta
o
Senyawa di sekitar kita
(sumber daya alam terbesar dunia: kayu manis di Kerinci dimanfaatkan)
·
Konsep
o
Memahami sifat kimia setiap
bahan di sekitar kita
·
Prinsip
o
Hakikat ilmu kimia
E. Pendekatan / Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Model : problem based learning (PBL)
Metode :
diskusi kelompok, penugasan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Satuan
Pendidikan : SMA XAVERIUS 1 JAMBI
Kelas/Semester :
X / 1
Mata Pelajaran : KIMIA-
peminatan
Materi Pokok : Hakikat dan Peran Kimia dalam Kehidupan dalam Metode
Ilmiah
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari adanya
keteraturan ilmu kimia sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
Menghayati kebesaran Tuhan atas ciptaanNYA terhadap adanya ilmu kimia yang
bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Mengamalkan ajaran agama masing-masing atas dasar penghayatan terhadap
kebesaran Tuhan dalam ciptaanNYA (khususnya adanya ilmu kimia).
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti,
bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
sehari-hari.
Indikator:
Bersemangat mempelajari ilmu
kimia dan perannya dalam kehidupan.
Serius mempelajari ilmu kimia
dan perannya dalam kehidupan.
2.2 Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
Indikator:
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
Indikator:
3.1 Memahami
hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta
peran kimia
dalam kehidupan.
Indikator:
1.
Memahami hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Memberikan contoh hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan
sehari-hari
3.
Memahami metode ilmiah
4.
Menuliskan langkah metode ilmiah
5.
Merancang metode ilmiah tentang ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
6.
Memahami alat-alat laboratorium dan keselamatan kerja di
laboratorium
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan
kerja dalam
mempelajari kimia serta peran kimia dalam
kehidupan.
1. Menuliskan
metode ilmiah dengan topik peran kimia dalam kehidupan.
2. Membuat sebuah
proposal karya tulis ilmiah yang memuat metode ilmiah tentang topik peran kimia
dalam kehidupan.
3. Mempresentasikan
proposal karya tulis ilmiah yang memuat tentang topik peran kimia dalam
kehidupan.
C. Tujuan Pembelajaran (content: ABCD=audience,
behaviour, condition, degree)
1.
Siswa dapat memahami adanya hakikat ilmu kimia dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.
sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai
hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif, dengan baik.
2.
Siswa dapat mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa sumberdaya alam hayati, tambang, minyak bumi,
tumbuhan sebagai contoh-contoh bahan kimia di sekitar kita sebagai anugrah
Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk
kemakmuran rakyat Indonesia.
3. Siswa dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, disiplin, jujur,
objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif dalam menganalisis hakikat ilmu kimia dan peran
kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan
baik.
4. Siswa dapat menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dalam menganalisis hakikat ilmu kimia
dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan
baik.
5. Siswa dapat menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan pada memahami hakikat ilmu kimia dan
peran kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan
baik.
D. Materi Pembelajaran
·
Fakta
o
Senyawa di sekitar kita
(sumber daya alam terbesar dunia: kayu manis di Kerinci dimanfaatkan)
·
Konsep
o
Memahami sifat kimia setiap
bahan di sekitar kita
·
Prinsip
o
Hakikat ilmu kimia
E. Pendekatan / Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Model : problem based learning (PBL)
Metode :
diskusi kelompok, penugasan
0 komentar